Pengertian Domain | Pro 199 Links

Senin, 08 April 2019

Pengertian Domain

Pengertian Domain

Domain ialah nama menarik yang diserahkan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer laksana web server atau email server di internet.
Domain memberikan fasilitas pemakai internet untuk mengerjakan akses ke server dan mempermudah mengingat server yang dikunjungi dikomparasikan harus menilik sederetan angka-angka IP Address.

Domain memiliki sejumlah level, yakni :
1. Top Level Domain ialah deretan kata dibelakang nama domain seperti
.com (dotcommercial)
.net (dotnetwork)
.org(dotorganization)
.edu(doteducation)
.gov(dotgoverment)
.mil(dotmilitary)
.info (dotinfo)
dll

Ada dua macam Top Level Domain, yakni Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD ialah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD ialah TLD yang diperuntukkan untuk setiap negara, laksana Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) ialah nama domain yang kamu daftarkan. Misalnya nama domain yang kamu daftarkan ialah domainku.com, maka domainku ialah SLD dan .comnya ialah TLD.

3. Third Level Domain ialah nama sesudah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang kamu miliki ialah domainku.com, maka kamu dapat menambahkan nama beda sebelum domainku, yakni mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang memasarkan third level domain salah satunya ialah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang cuma-cuma seperti co.cc, cz.cc dst.

Baca juga Cara Mendapatkan Domain Gratis.

Load comments

Get notify via email